Pertanyaan Umum Soal Ethereum dan Token (Hal Dasar)

Halo sobat RenitBlog ! Terimakasih telah bersedia mampir di blog Saya ini.Maaf akhir - akhir ini Saya sibuk karena ya disamping menjalani ibadah puasa juga ada urusan lain - lain.Okelah pada artikel kali ini Saya akan berbagi sedikit ilmu tentang Ethereum dan Token karena disela kesibukan Saya ada pembaca yang menghubungi dan bertanya tentang Ethereum dan Token dan sepertinya cukup bagus jika Saya share disini.Baiklah tanpa basa - basi lagi berikut adalah sejumlah pertanyaan yang Saya dapat dari pembaca sekalian.

Hal - Hal Dasar Ethereum dan Token


Apa Itu Ethereum dan Token (Token Ethereum/Token ERC20/Ethereum Token) ?

Ethereum adalah sebuah mata uang digital (digital cryptocurrency) terdesentralisasi yang mirip dengan Bitcoin.Ethereum diciptakan pada tahun 2015 yang lalu oleh Vitalik Buterin.Nah untuk lebih jelasnya bisa disimak diartikel Ethereum dan Token ERC-20.

Apa Itu MEW atau MyEtherWallet ?

Singkatnya,MyEtherWallet atau biasa disingkat MEW adalah situs yang biasa digunakan sebagai platform untuk mengakses dan membuat wallet ethereum.Selain itu juga dapat digunakan untuk mengetahui txhash transaksi.

Apa Itu Etherscan ?

Adalah platform untuk mengecek txhash secara detail dan bisa digunakan untuk tracking wallet ethereum biasa atau smart contract address.Sebenarnya masih banyak fitur etherscan tetapi masih belum Saya perdalami.Mungkin pada artikel mendatang akan Saya jelaskan.

Apa Itu Smart Contract Ethereum ?

Smart Contract adalah sebuah sistem cerdas dimana pengguna dapat berinteraksi dengan token seperti melakukan pembayaran,transfer,staking dll. sesuai dengan kriteria token yang digunakan.Misalnya saja pembelian token dengan mengirim ethereum secara sederhana dapat dijelaskan pada gambar berikut.
Apa itu ICO ?

Secara singkat,ICO adalah sebuah penawaran token yang dilakukan orang/kelompok untuk membiayai project mereka dan kemudian menjanjikan keuntungan berlipat dari harga awal.Tetapi akhir - akhir ini yang berakhir menjadi scam alias penipuan berkedok ICO.Jadi harap hati - hati.

Apa Perbedaan Ethereum Dengan Bitcoin ?

Sekilas keduanya sama yaitu sebuah mata uang digital tetapi jika dikaji mendalam maka perbedaan yang paling besar adalah adanya fitur smart contract yang ada pada blockchain ethereum.Sedangkan bitcoin tidak ada.

Bagaimana Cara Mendapatkan Ethereum ?

Hampir sama seperti kebanyakan mata uang digital lain diantaranya : membeli,menambang,gratisan,trading,dsb. selain itu dapat juga dari donasi (jika ada yg mau berdonasi) atau mengadakan ICO (tetapi agak susah sih kalo sekarang).

Cara Mendapatkan Token ?

Rata - rata token yang mengadakan ICO juga mengadakan airdrop atau bagi - bagi token gratis.Nah kesempatan inilah bisa diraih.Selain itu juga membeli dari orang lain atau trading di exchanger.

Saya Mengikuti Airdrop Menggunakan Wallet Exchanger,Apakah Saya Akan Mendapatkan 
Token ?

Pertanyaan ini sangat sering ditanyakan kepada Saya dan mungkin Anda juga membutuhkan jawabanya dan jawabanya adalah.Rata - rata pihak airdroper atau ICO mengharuskan Anda menggunakan wallet khusus token ERC20 karena disamping mudah digunakan,wallet erc20 juga dapat digunakan untuk mengikuti berbagai airdrop.Jadi tidak perlu gonta ganti wallet.

Nah jika Anda menggunakan wallet exchanger sebaiknya tinggalkan saja wallet tersebut karena belum tentu token yang anda peroleh dari airdrop didaftarkan ke exchanger.Jadi jika Anda menggunakan wallet exchanger ada kesempatan 90% token Anda hilang karena tidak disupport pihak exchanger.Tetapi ada beberapa kasus yang Saya temui bahwa wallet exchanger bisa digunakan untuk mendapatkan token dengan catatan tokenya masuk/didaftarkan ke exchangernya.

Tetapi lebih baik jika Anda menjadi Airdrop Hunter gunakanlah wallet yang support token seperti MEW atau sejenisnya karena lebih terjamin karena yang mengelola Anda sendiri.

Sepertinya cukup sekian pertanyaanya dan pada artikel selanjutnya akan Saya bahas pertanyaan - pertanyaan yang sering diajukan pada tingkat menengah yang Saya terima dari pembaca sekalian.Untuk pembaca sekalian jangan sungkan bertanya pada Saya jika ada hal yang belum dimengerti entah tentang ethereum atau cryptocurrency lainya.

Terima kasih telah membaca.

Salam Profit !!!
Keanu Rivaldi
Keanu Rivaldi Nama Saya Keanu Rivaldi

Tidak ada komentar untuk "Pertanyaan Umum Soal Ethereum dan Token (Hal Dasar)"