Bitcoin dan Masa Depan

Hai sobat semua, pada kesempatan kali ini Saya ingin membahas tentang Bitcoin dan Masa Depanya (menurut saya pribadi).Sebelum Saya melanjutkan, Saya ingin memberitahukan pada pembaca sekalian jika ada yang ingin ditanyakan mengenai dunia cryptocurrency jangan sungkan untuk menghubungi Saya di nomor 083834724641 (WA) atau melalui email rse0897@gmail.com ataupun lewat grup telegram.

Pengertian

Bitcoin adalah sebuah mata uang digital yang menggunakan teknologi kriptografi.Didalam bitcoin terdapat sebuah buku pencatat transaksi yang mencatat segala jenis transaksi yang biasa disebut blockchain.Blockchain sendiri adalah sebuah teknologi juga.Jadi, bitcoin bisa juga diartikan sebagai "nilai" yang harus dicatat oleh blockchain agar tidak terjadi transaksi ganda.Hal ini lah yang membuat bitcoin aman.

Bitcoin memerlukan sebuah alamat unik berisi kombinasi angka dan huruf kapital dan huruf kecil.Alamat unik ini biasa disebut dengan istilah "wallet" atau "dompet".Cara kerja "wallet" mirip dengan rekening bank tetapi terdapat sebuah perbedaan diantara keduanya.jika Anda mengirim uang ke rekening bank yang nama atau nomornya salah, uang Anda akan dikembalikan.Tetapi, wallet bitcoin kebalikanya.Jadi hati - hati jika ingin bertransaksi dengan bitcoin.

Bitcoin bersifat anonim dan sekaligus bersifat transparan.Mengapa demikian ? jawabanya adalah terletak pada blockchain.Didalam blockchain tercatat berbagai macam data transaksi yang terjadi pada bitcoin mulai dari alamat pengirim,tujuan,nominal,waktu terkonfirmasi,waktu pengiriman, dan fee yang dikeluarkan.Hal ini membuat bitcoin bersifat transparan.Sedangkan alamat wallet pengguna hanya berupa kode unik kombinasi angka dan huruf dan tidak ada data pribadi lain seperti nama,email,alamat,dll.Hal inilah yang membuatnya bersifat anonim.

Didalam bitcoin, terdapat sebuah tanda tangan yang berbentuk kode - kode kriptografi yang hanya bisa dibaca oleh komputer.Kode ini biasa disebut dengan tx hash (transaction hash).Hash ini berasal dari blockchain yang me-generate kode ini disetiap transaksi.Kode ini selalu acak disetiap transaksi sehingga transaksi pada bitcoin sulit dipalsukan.

Spesifikasi Bitcoin

Setelah membaca ulasan diatas, Saya berharap Anda sedikit paham mengenai  bitcoin dan berikut ini akan Saya bahas mengenai spesifikasi yang dimiliki bitcoin.


  • Total Supply : 21.000.000
  • Algorithm : SHA256
  • Coin Ticker : BTC
  • Block Time : 10 Minutes
  • Block Reward Halving : 4 Years


Catatan : 
1. Supply adalah persediaan total bitcoin yang ada di jaringan blockchain bitcoin.
2. Algorithm adalah jenis puzzle hash dari bitcoin
3. Coin ticker adalah singkatan umum untuk mendefinisikan bitcoin
4. Block Time adalah waktu tiap blok transaksi dibuat
5. Block Reward Halving adalah tenggang waktu untuk reward bitcoin mengalami pembagian sebesar 50%

Keberadaan Bitcoin di Indonesia

Bitcoin diwilayah Indonesia sangat dilarang untuk digunakan sebagai alat pembayaran atau alat tukar karena di Indonesia hanya ada satu mata uang yang dapat digunakan sebagai alat tukar yaitu Rupiah.Hal ini berkaitan dengan peraturan Undang-Undang No. 7 tahun 2011 tentang Mata Uang yang menyatakan bahwa mata uang adalah uang yang dikeluarkan oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah Rupiah.Terkait dengan hal ini masih belum ada larangan tentang menggunakan bitcoin sebagai komoditi atau aset digital.Jadi, menurut Saya bitcoin hanya boleh dipergunakan sebagai aset seperti emas,perak,dll. teteapi tidak boleh digunakan sebagai alat pembayaran.

Cara Mendapatkan

Seperti yang sudah Saya jelaskan diatas, bitcoin adalah sebuah aset dan pastinya terdapat berbagai cara untuk mendapatkan aset tersebut.Umumnya bitcoin dapat diperoleh dengan cara membelinya di situs penjual bitcoin (exchanger) ataupun di perorangan.Tetapi, terdapat beberapa cara lainya selain membeli bitcoin yaitu dengan faucet,trading atau mining.Untuk penjelasan lebih lanjut akan Saya bahas di artikel mendatang.

Awal Keberadaan Hingga Sekarang


sumber : x.bitcoin.co.id/chart
Lihatlah grafik bitcoin diatas, pergerakan bitcoin dari awal kemunculanya sangatlah lambat hingga butuh sekitar 2 tahun untuk mencapai harga puluhan dollar (awal harga bitcoin adalah 0$).Bitcoin mengalami kenaikan yang cukup pesat pada tahun 2016 yang mencapai Rp.10.000.000 / bitcoin.Hal ini dapat terjadi karena bitcoin mulai banyak dilirik oleh kalangan atas.Hal ini membuat kalangan atas mencoba membuat harga bitcoin melambung tinggi dan akhirnya semakin banyak masyarakat yang tertarik untuk berinvestasi di bitcoin.

Pada puncak keemasanya yang mencapai Rp.250.000.000 bitcoin mengalami penurunan drastis.Hal ini karena pasar terbesar bitcoin yaitu China (pada pertengahan 2017 lalu) memblokir semua cryptocurrency termasuk bitcoin karena disana semakin marak penawaran koin awal atau ICO bodong yang sangat merugikan.Harga bitcoin pun anjlok karena China adalah pasar bitcoin terbesar saat itu.Tetapi, perlahan tapi pasti bitcoin akhirnya mulai bangkit karena sekarang pasar terbesar bitcoin adalah Jepang.

Mungkin Anda Berminat ?



Bitcoin Di Masa Depan (Menurut Saya)

Jika dilihat dari grafik harga diatas kemungkinan harga bitcoin akan perlahan naik karena jika dilihat dari sejarah harga bitcoin di masa lalu, setelah terjadi penurunan pasti akan ada kenaikan tetapi entah kapan itu terjadi, bisa besok,lusa,bulan depan atau tahun depan.Selain melihat dari grafik naik turun bitcoin dimasa lalu, bitcoin  juga memiliki supply yang terbatas yaitu cuma 21.000.000 dan pada saat artikel ini diketik supply bitcoin yang beredar dipasaran telah mencapai 16.900.000 yang berarti tinggal 4.100.000 bitcoin lagi yang tersisa.

Kesimpulan

Bitcoin adalah sebuah aset digital yang sangat beresiko mengalami kenaikan dan kemunduran dalam hal harga dan mungkin Anda bisa saja kehilangan uang Anda dalam sekejap.Jika Anda ingin berinvestasi di bitcoin pikirkanlah baik - baik sebelum memulai aksi dan bersiaplah dengan segala resiko yang akan Anda hadapi.

Keanu Rivaldi
Keanu Rivaldi Nama Saya Keanu Rivaldi

Tidak ada komentar untuk "Bitcoin dan Masa Depan"